Google akan menemukan Konten daan Halaman anda, salah satunya ketika ada tautan dari website lain yang mengarahkan ke website anda (direct link). Tahukah Anda Internal link juga mempengaruhi SEO, karena mesin BOT google bekerja untuk merayapi website dan konten anda. Baca Juga : Bagaimana Cara Kerja Google  Tautan ini akan memberikan gagasan tentang struktur situs web Anda. dan ini akan membangun herarki di situs anda.

memungkinkan Anda untuk memberikan halaman yang paling penting dan memposting lebih banyak nilai tautan daripada halaman lain yang kurang berharga. Jadi menggunakan strategi tautan internal yang tepat dapat meningkatkan SEO Anda!

Mengapa tautan penting bagi Google?

Google menggunakan tautan untuk mengetahui konten apa di situs Anda yang terkait dan nilai konten itu.

Hubungan antar konten

Google merayapi situs web dengan mengikuti tautan, internal dan eksternal, menggunakan bot yang disebut bot Google. Bot ini tiba di beranda situs web, mulai merender halaman dan mengikuti tautan pertama. Dengan mengikuti tautan, Google dapat mengetahui hubungan antara berbagai halaman, posting, dan konten lainnya. Dengan cara ini Google menemukan halaman mana di situs Anda yang mencakup hal yang serupa.

Di atas posting ini, misalnya, Anda akan melihat tautan ke tag ‘SEO Konten’, ‘Tautan internal’, dan ‘Struktur situs’. Kami memastikan Google memahami bahwa konten pada halaman tersebut terkait dengan konten posting ini dengan menambahkan tautan ini.

Nilai tautan

Selain memahami hubungan antara konten, Google membagi nilai tautan antara semua tautan di halaman web. Seringkali, beranda situs web memiliki nilai tautan terbesar karena memiliki backlink terbanyak. Nilai tautan itu akan dibagikan di antara semua tautan yang ditemukan di beranda itu. Nilai tautan yang diteruskan ke halaman berikut akan dibagi antara tautan di halaman itu, dan seterusnya.

Karena itu, posting blog terbaru Anda akan mendapatkan lebih banyak nilai tautan jika Anda menautkannya dari beranda, bukan hanya di halaman kategori. Dan Google akan menemukan posting baru lebih cepat jika mereka ditautkan dari beranda.

Ketika Anda mendapatkan konsep yang menautkan nilai tautannya, Anda akan memahami bahwa lebih banyak tautan ke pos berarti lebih banyak nilai. Karena Google menganggap halaman yang mendapat banyak tautan berharga sebagai lebih penting, Anda akan meningkatkan peluang peringkat halaman itu.

Menyiapkan strategi penghubungan internal

 Tautan internal vs. tautan eksternal

Setiap situs web terdiri dari tautan internal dan eksternal. Tautan internal menghubungkan halaman dan posting di situs web Anda sendiri dan tautan eksternal menghubungkan halaman Anda ke situs web lain. Dalam posting ini, kami fokus pada tautan internal dan apa artinya untuk SEO. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak tautan eksternal yang menunjuk ke situs Anda.

Sangat penting bagi SEO situs Anda untuk mengevaluasi dan meningkatkan strategi tautan internal secara teratur. Dengan menambahkan tautan internal yang tepat, Anda memastikan Google memahami:

  • relevansi halaman;
  • hubungan antar halaman;
  • dan nilai halaman.

Pertama: struktur ideal untuk situs Anda

Para Pakar menyarankan pemilik situs web untuk membayangkan situs web mereka sebagai piramida. Di atasnya adalah beranda Anda, di bawah ini ada beberapa bagian atau kategori, dan lebih jauh lagi ada posting dan halaman individual (mungkin dengan subkategori di antaranya).

Jika Anda melakukannya dengan baik, menu situs web Anda harus mencerminkan struktur ini. Dalam panduan Ultimate kami untuk struktur situs Anda dapat membaca cara membuat struktur situs terbaik untuk situs Anda.

Apa konten Anda yang paling penting?

Kemudian, Anda harus menentukan apa konten Anda yang paling penting. Jika Anda tidak yakin, silakan baca artikel kami tentang konten landasan . Singkatnya, ini adalah konten terbaik dan terlengkap Anda; ini tentang inti bisnis Anda. Ini adalah konten yang Anda ingin orang temukan ketika mereka mencari topik atau produk yang menjadi spesialisasi Anda.

Karena Anda ingin memberi tahu Google bahwa ini adalah konten Anda yang paling penting, Anda perlu menambahkan banyak tautan ke dalamnya. Ada berbagai tempat dari mana Anda dapat menautkan ke konten landasan Anda. Di sini, kami akan memberikan opsi yang paling umum, mulai dari salinan posting Anda hingga navigasi Anda.

Tambahkan tautan kontekstual

Ketika Anda telah menulis berbagai artikel tentang topik tertentu, Anda harus menautkannya satu sama lain. Ini akan menampilkan Google – dan pengguna! – Bahwa artikel-artikel tersebut berhubungan secara topikal. Anda dapat menautkan langsung dari kalimat dalam salinan Anda atau menambahkan tautan di akhir posting Anda.

Selain itu, Anda ingin menunjukkan kepada Google artikel mana yang merupakan landasan Anda: artikel paling lengkap tentang topik ini. Untuk melakukannya, Anda harus menambahkan tautan ke landasan di semua artikel tentang topik ini. Dan jangan lupa untuk menautkan kembali dari landasan ke pos individu.

Menghubungkan Kontekstual : Contonya

Di Blog saya ada artikel mengenai : Apa itu Konten Marketing SEO

Pada kalimat diatas saya sertakan link pada kalimat “Apa itu Konten Marketing SEO” yang mengarahkan ke konten  dalam website ini. Boleh juga Anda sertakan link yang mengarahkan kategori, halaman, produk dan lainya.

Kalimat tersebut bisa juga disebut dengan Teks Jangkar alisa anchor text.

Oke ya sekian dulu nih mengenai artikel Internal Link Building, semoga bermanfaat.